SIHAPE.COMCara mengaktifkan dan menggunakan fitur picture-in-picture (PIP) di Android Oreo. Membuka 2 aplikasi dalam satu windows atau jendela di smartphone. Misalnya kamu ingin menonton video youtube sambil ngobrol dengan teman atau mantan pacar di WhatsApp, atau chating sambil nge-game. Hal ini sekarang bukanlah yang sulit lagi. Ini dia Picture-in-Picture atau dalam bahasa kita gambar dalam gambar. Fitur inilah yang akan mengabulkan itu semua, akan tetapi untuk saat ini Google hanya menghadirkannya di system Android Oreo.

Cara mengaktifkan fitur picture-in-picture di Android 8 Oreo ini bisa kamu temukan melalui dukungan banyak aplikasi seperti Youtube, Netfilx, VLC, Crhome dan yang lainya. Namun, untuk menjalankan fitur PIP setiap aplikasi memiliki masing-masing syarat yang tentunya berbeda-beda.

Misalnya menjalankan fitur Picture-in-Picture di aplikasi chrome, maka video yang di mainkan harus dalam keadaan layar full screen atau untuk aplikasi Youtube terlebih dahulu kamu harus berlangganan Youtube Red.

Cara Mengaktifkan Fitur Picture-in-Picture

Masuk ke pengaturan di smartphone Android > tap Apps & Notifications > Opsi Advance > Special App Access > Pilih daftar fitur lalu cari picture-in-picture > selajutnya kamu bakal melihat aplikasi apa saja yang terpasang dan mendukung fitur PIP di smartphone > tap salah satu aplikasi dari daftar untuk mencari opsi Advanced > Kamu bisa menggeser tombol ON/OFF untuk mengaktikan atau menonaktifkan fitur picture-in-picture di salah satu aplikasi sesuai keinginan.

Cara Menggunakan Fitur Picture-in-Picture

Sebagai contoh, kita gunakan aplikasi Chrome. Pertama putar salah satu video kesukaan kamu melalui chrome dengan mode full screen > lalu tekan tombol home di smartphone, maka tampilan video akan berubah menjadi jendela kecil di sudut kanan bawah. Berikutnya kamu bisa membuka aplikasi lainnya, misalnya aplikasi WhatsApp untuk mengobrol.

Jika ukuran terlalu kecil atau posisi ingin kamu geser drag sesuai keinginan. Jika ingin menyudahinya cukup drag jendela ke arah bawah layar di smartphone.

Itulah cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Picture-in-Picture di Android Oreo. Sangat mudah bukan? Untuk yang belum menggunakan smartphone Android Oreo, mohon bersabar ya! Selanjutnya semoga aplikasi yang mendukung PIP makin ditambah lagi, di tingkatkan lagi agar semuanya bisa mencicipi fitur Picture-in-Picture.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.