Inilah Cara Mudah Update Google Chrome di PC Milikmu!

Inilah Cara Mudah Update Google Chrome Di PC Milikmu!

Google Chrome merupakan aplikasi peramban dunia maya yang dikembangkan oleh Google, mirip dengan Firefox, Opera, ataupun UC Browser. Google Chrome pertama kali dirilis oleh Google pada September tahun 2008 untuk versi Beta yang hanya untuk Windows XP.  Baru di bulan Desember tahun yang sama, Google resmi meluncurkan Chrome ke publik. Sampai saat ini, Google Chrome menjadi salah satu aplikasi peramban yang paling populer, yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Sebagai aplikasi peramban populer, Google Chrome masih belum berhenti memanjakan penggunanya dengan terus update fitur-fitur baru. Sampai saat ini, Google Chrome merilis update untuk semua platform, seperti Windows, Linux, Android, maupun Chrome OS. Biasanya untuk rilis  update, Google Chrome melakukannya bergiliran dengan Chrome OS sebagai prioritas utama.

Jika dihitung rata-rata, Chrome update beberapa kali setiap minggu untuk file minor. Sedangkan, untuk update file mayor, akan di update beberapa bulan sekali. Sangat disayangkan jika kamu sebagai pengguna Google Chrome melewatkan update tebaru dari aplikasi ini.

Masalahnya, masih banyak pengguna Google Chrome tidak mengetahui cara update Google Chrome.  Nah, jika kamu belum mengetahui cara update Google Chrome di PC, berikut panduannya.

Cara Mudah Update Google Chrome di PC

Untuk update Google Chrome yang terpasang di PC, sebenarnya tidaklah sulit. Meski terbilang mudah, namun banyak pengguna yang belum mengetahui caranya. Ada beberapa langkah untuk update Google Chrome di PC kamu.

  1. Buka aplikasi peramban Google Chrome yang ada di PCmu
  2. Klik ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas tampilan Google Chrome
  3. Plih menu Help kemudian klik About Google Chrome
  4. Jika tersedia untuk update, biasanya Google Chrome akan melaukan pengunduhan file yang dibutuhkan untuk update dan akan memulai instalasi dengan sendirinya. kamu hanya perlu menunggunya sampai proses selesai
  5. Setelah proses instalasi selesai, biasanya Google Chrome akan meminta untuk merestart. Klik tombol Relaunch untuk memulai ulang Google Chrome. Jendela Chrome akan dengan sendirinya tertutup
  6. Setelah selesai, biasanya Jendela Chrome akan terbuka dengan sendirinya, tentu dengan menu update-nya yang terbaru. Tidak perlu khawatir jika Chrome tidak membuka kembali dengan sendirinya, kamu hanya perlu menekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+T untuk mengembalikan jendela Chrome kamu agar terbuka
  7. Bila sudah ada ceklis berwarna biru pada tampilan update, itu berarti proses update Google Chrome kamu berhasil
  8. Jika mengalami eror saat update, cukup buka kembali Google Chrome dan lakukan update Jika tidak berhasil, silakan uninstal telebih dahulu Google Chrome lalu kembali instal, secara otomatis kamu akan mendapatkan versi terbaru tanpa harus kembali update

Sebenarnya Chrome dirancang untuk update mengunduh dan menginstal file secara otomatis. Namun, proses update sering tertunda, hal ini terjadi karena disaat pengguna sibuk berselancar atau beraktivitas yang berhubungan dengan internet, Chrome akan menunda proses tersebut agar tidak mengganggu kegiatan pengguna. Untuk itu,  kita sendiri harus berinisiatif memerintahkan Chrome untuk memulai update.

Perlu kamu ketahui, update Google Chrome merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. Pasalnya, Google tidak hanya memperbaiki perambahan fitur, tetapi juga menawarkan peningkatan keamanan. Bagaimana? Sudah paham, cara untuk men-update Google Chrome di PC mu? Selamat mencoba, Selamat menikmati fitur-fitur terbaru dari Google Chrome.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.