Usaha Ternak Lele Untung Berlipat

Usaha Ternak Lele

usaha ternak lele adalah usaha yang sedang trend karena selain pemeliharaan nya yang mudah,modal untuk mendirikan usaha ternak lele ini tidak begitu besar dan di tambah lagi penghasilan atau profit yang didapat untuk mendirikan usaha ternak lele ini bisa mencapai 3 kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Usaha ternak lele disebut mudah karena lele termasuk hewan yang rakus dan memakan apa saja.bahkan batang pohon pisang dapat digunakan sebagai pakan lele alami,biasanya bangkai ayam adalah pilihan pakan lele yang mudah untuk di dapatkan.seiring penemuan dan perkembangan zaman juga telah di temukan berbagai pakan lele alami yang dapat kita buat sendiri namun tetap memiliki kadar gizi yang baik bagi perkembangan lele.

Namun berternak lele yang mudah dan murah ini tidak boleh kita anggap enteng atau menggampangkannya.Kita membutuhkan ilmu agar usaha ternak lele kita berjalan lancar dan tentunya memberikan profit/keuntungan yang besar.Untuk itu mari kita simak dan pelajari tentang budidaya lele berikut ini:

A.SPECIES IKAN LELE

Lele merupakan ikan air tawar dengan tubuh memanjang dan kulit licin tanpa sisik dan dagingnya bertekstur lunak yang dapat ditemukan di perairan tawar di dua benua, yaitu di Benua Afrika dan Asia.

Ikan ini memiliki nama internasional yaitu catfish, dinamakan catfish karena ikan ini mempunyai sejumlah kumis yang cukup panjang, mirip kumis yang dimiliki kucing.

Ikan lele adalah jenis ikan air tawar dan tidak pernah di temukan di air payau atau air asin. Memiliki habitat di air sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air.

Ikan lele bersifat noctural, yaitu aktif bergerak mencari makanan di malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap.

B.JENIS JENIS IKAN LELE

1. Ikan lele Dumbo

Lele Dumbo atau Clarias Gariepenus, berasal dari Taiwan kemudian didatangkan ke Indonesia pada tahun 1985-1986.

Lele Dumbo adalah hasil persilangan antara lele lokal Afrika (Clarias Mosambicus) dengan lele lokal Taiwan (Clarias Fuscus).

Ukuran lele dumbo jauh lebih besar mencapai 2 kali lipat dari biasa. Ukuran lele dumbo lebih pendek dan tumpul, sedangkan sungutnya relatif lebih panjang dibandingkan lele biasa.

Lele dumbo juga punya warna hitam kehijauan dan saat dia terkejut atau stres, kulitnya akan berubah menjadi bercak hitam atau putih.

Lele dumbo punya patil tetapi tidak terlalu beracun. Banyak peternak lele lebih memilih lele dumbo dikarenakan tumbuhnya lebih cepat dan besar dengan jumlah telur yang banyak, lebih tahan penyakit, mudah beradaptasi dan lebih mudah pembudidayaannya dibandingkan dengan lele lokal.

Meskipun begitu, benih yang dihasilkan lele dumbo ukurannya tidak sama, akibatnya pertumbuhannya juga berbeda–beda, sehingga membuat waktu panen mundur dan kebutuhan pakan lebih banyak.

Lele dumbo juga cocok untuk dipelihara dikolam tanah karena tidak punya kebiasaan membuat lubang.

Tapi dari segi rasa, daging lele dumbo lebih lebih lembek sehingga orang lebih menyukai daging ikan lele lokal yang dirasa lebih enak.

2.Ikan lele phyton

Ikan lele phyton ditemukan oleh para peternak lele di Kabupaten Pandeglang, Banten pada tahun 2004. Ikan lele phyton merupakan hasil dari persilangan induk betina lele eks Thailand dengan induk jantan lele lokal atau lele dumbo.

Ikan lele phyton tahan cuaca dingin dan tingkat kelangsungan hidupnya lebih dari 90%.Pada awalnya proyek ikan lele phyton dilakukan untuk menjawab keluhan para peternak lele di Desa Banyumundu, Kabupaten Pandeglang yang sering mengalami kerugian karena benih lele dumbo tidak cocok dibudidayakan di Desa Banyumundu yang beriklim dingin, dimana malam harinya suhu berkisar 17 C.

Selama lebih dari 2 tahun percobaan akhirnya ditemukanlah lele phyton. Kualitas lele phyton ini juga diakui oleh Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten.

Sesuai dengan namanya, bentuk kepala seperti ular phyton yang pipih memanjang, mulut kecil dan warna menyerupai ular phyton.

Ciri lainnya adalah punuk dibelakang kepala, ekor bulat dan sungut yang lebih panjang dibanding lele dumbo.

Selain tahan dingin, pertumbuhannya juga cepat dan seragam serta tahan penyakit. Lele phyton punya gerakan lebih lincah dari lele dumbo dan rasa dagingnya lebih gurih juga tidak lembek.

Bisa dikatakan lele phyton punya semua keunggulan yang dimiliki lele dumbo dan lele sangkuriang, tetapi kelemahannya adalah bobotnya yang lebih ringan dikarenakan bentuk tubuhnya yang ramping dan memanjang.

3.Ikan lele sangkuriang

Ikan lele Sangkuriang adalah hasil persilangan dari lele dumbo jantan dengan induknya sendiri lele betina dumbo.

Dari hasil perkawinan ini ternyata didapatkan sifat-sifat unggul seperti kemampuan bertelur yang tinggi hingga 40–60 ribu butir per sekali pemijahan.

Lele Sangkuriang juga lebih tahan penyakit, dapat dipelihara dalam kondisi air yang minim dan kualitas daging yang lebih baik.
Secara fisik, lele sangkuriang hampir sama dengan lele Dumbo, tetapi mulutnya lebih lonjong, matanya lebih kecil, bentuk badannya lebih bulat, dan warnanya abu-abu.

Selain jumlah telurnya yang banyak, daya tetas telurnya pun tinggi, dan ukuran benih yang dihasilkan cukup merata. Ukuran tubuhnya lebih besar dibanding lele dumbo dan lele phyton.

Tetapi kelemahannya, tidak bisa membenihkan dari indukannya karena kualitasnya bisa menurun.

Jadi pembenihan harus dilakukan dengan persilangan balik. Jenis ini bisa dibudidayakan optimal pada udara sejuk tapi benihnya kurang bisa bertahan di daerah panas.

Untuk menyiasatinya, usahakan kolam tidak terlalu panas atau diberi pelindung, baik atap atau tanaman air sekitar 50% dari permukaan kolam

4.ikan Lele masamo

ikan lele masamo merupakan hasil pengumpulan sifat dari berbagai plasma nutfah lele antara lain lele dumbo dan Clarias Macrocephalus atau Bighead Catfish.

Hasil dari percobaan tersebut menghasilkan ikan lele masamo yang memiliki sejumlah keunggulan yaitu: bertubuh besar, rakus makan tapi tetap efisien, tingkat keseragaman tinggi, tidak mudah stres, tahan penyakit, sifat kanibal rendah dan produktivitas telur yang tinggi.

Kepala ikan ini lebih lonjong agak runcing, sirip atau patilnya lebih tajam, badan lebih panjang dan warnanya kehitaman.

Tetapi saat stres, muncul warna keputihan atau keabu-abuan. Lele masamo juga punya bintik seperti tahi lalat di sekujur tubuhnya dan ada tonjolan di tengkuk kepala.

Pada induk, tonjolan di tengkuk kepala lebih terlihat jelas. Mengingat ciri lele masamo sangat berbeda dengan jenis lele lain, sehingga jenis ini tidak mungkin dipalsukan.

Tetapi saat masih benih, sulit membedakannya dengan benih lele jenis lainnya, tetapi biasanya benih lele masamo lebih agresif dan nafsu makannya lebih kuat, sehingga jika manajemen pakan kurang bisa mengakibatkan kanibalisme.

5. ikan lele Mutiara

Ikan lele mutiara adalah hasil dari persilangan ikan lele dumbo, lele mesir, lele phyton dan lele sangkuriang.

Ikan lele mutiara punya banyak keunggulan seperti laju pertumbuhannya yang tinggi sekitar 40 persen sehingga waktu pemeliharaannya pun lebih singkat.

Bibit yang berukuran 5-7 cm dapat dipanen dalam waktu 2 bulan bahkan kurang, dengan ukuran panen 6-9 ekor per kg dan keseragaman ukurannya yang mencapai 80%.

Keunggulan lainnya adalah irit dalam penggunaan pakan dan lebih tahan terhadap serangan penyakit, ini dibuktikan dengan merendamnya didalam bakteri aeromonas sp selama 60 jam dan hanya 30 persen ikan saja yang mati.

C.TIPS-TIPS DALAM BERTERNAK IKAN LELE

1. Sebainya pilihlah bibit unggulan/super supaya pertumbuhan lele maksimal,baik dari daging seta bobotnya.untuk bibit direkomendasikan adalah bibit ikan lele Sangkuriang/Dumbo.

2.pemberian pakan untuk ikan lele harus beraturan dan bernilai gizi tinggi.tipsnya adalah apabila di awal Anda memberi makan pada jam 19.00,maka untuk hari berikutnya adalah jam 19.00 juga,apabila di pagi hari jam 09.00 maka pagi di hari berikutnya jam 09.00.dan baiknya kalau matahari sudah menerangi seluruh bagian kolam,nah itu memunculkan nafsu makan ikan lele,sehingga pakan tidak ada yang tersisa.

3.ganti air kolam minimal 1 kali dalam 40 hari,takaran nanti akan dijelaskan dalam subtema E.tapi tetap ingat pH air agar ikan nyaman untuk hidup.

D.MEDIA TERNAK IKAN LELE

1. media ternak ikan lele dengan kolam Terpal

Terpal merupakan bahan kimia yang terbuat dari plastik.Biasanya di gunakan sebagai penutup atap di rumah atau kendaraan.namun juga sering digunakan untuk media lantai dan dinding kolam.selain memiliki tekstur yang kuat,bahan dari terpal juga memiliki ketahanan cuaca yang baik.penggunaan terpal untuk usaha ternak lele sangatlah murah,namun anda perlu mencuci terpal anda yabg masih baru dengan cara merendamnya ke dalam air antara 2 sampai 3 hari agar kandungan kimia yang terdapat pada bagian atas terpal larut ke dalam air,sehingga tidak menghambat perkembangan si lele tersebut.

2. media ternak ikan lele dengan kolam tanah

Usaha ternak lele dengan media tanah merupakan pilihan yang paling mudah dan murah untuk Anda pilih jika mempunyai lahan rawa.tidak memerlukan lahan yang begitu lebar,cukup dengan ukuran 2 x 3 meter dan ketinggian 60-80 cm akan muat untuk 1500 ekor ikan lele.usaha ternak lele media tanah adalah pilihan terbaik,karena kandungan di dalam tanah rawa sudah terdapat makanan makanan alami bagi lele seperti plangton plangton dan tumbuhan rawa.

3. media ternak ikan lele dengan kolam semen cor

Media kolam semen cor untuk usaha ternak lele mengeluarkan modal yang lumayan namun bagi peternak lele yang sudah merasakan keuntungan yang besar lebih memilih media ini untuk usaha ternak lelenya.karena biasanya jika sudah menggunakan semen cor,bibit lele yang dikelola dalam skala besar dengan bentuk petakan petakan maupun berbentuk seperti cincin sumur.namun usaha buatlah ternak lele media semen atau cor ini bila usaha ternak lele anda sudah maju saja,karena modal yang dikeluarkan agak lumayan.

4. media ternak ikan lele dengan jaring kerambah

Jika anda memiliki lahan rawa yang lumayan besar atau danau,usaha ternak lele dapat dengan mudah dilakukan dengan sistim kerambah,keuntungan menggunakan media kerambah adalah anda tidak perlu mengganti air setiap bulannya.sehingga sangat hemat modal,karena di rawa maupun danau terdapat pula makanan alami untuk ikan lele.anda dapat mempergunakan drum drum bekas untuk pengambang kerambah ikan,atau juga dapat mempergunakan bambu yang di susun.

5. media ternak ikan lele dengan drum/tetmond

Tak kurang akal bagi para pengusaha ternak lele yang tak mempunyai lahan yang lebar, lahan rawa maupun danau,para peternak lele mencoba trobosan baru dengan menggunakan drum plastik 200 liter atau tetmond untuk media ternak lelenya.bak pepatah banyak jalan menuju Roma,mereka pun berinisiatif putar kepala mencari ide dan gagasan untuk menciptakan inovasi inovasi demi memajukan usahanya.nah untuk usaha ternak lele dengan media drum/tetmond sudah banyak di lakukan di kota kota besar dimana di sana tidak ada lahan lagi untuk membuat kolam,maka pilihannya adalah membuat usaha ternak lelenya dengan media drum/tetmond.

E.HAL HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM USAHA TERNAK IKAN LELE

Sebelum memulai usaha ternak lele,ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam berternak ikan lele.bak pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati maka untuk mencegahnya pun kita memerlukan ilmu dan pengetahuan agar kita tidak salah langkah atau asal asalan.

1.pemberian pakan untuk ikan lele

Pemberian pakan dalam usaha ternak lele sangat berpengaruh pada tingkat pertumbuhan ikan lele.selain waktu yang tidak boleh meleset,juga kandungan gizi yang ada didalam pakan ikan lele harus sangat diperhatikan.sebab jika waktu yang tidak beraturan dalam pemberian pakan ikan lele,akan membuat lele menjadi kelaparan dan tidak dapat tumbuh dengan baik lalu memakan memakan sesama jenisnya/kanibalisme dengan tingkat kegagalan terbesar adalah kematian yang melebihi rasio.untuk itu perlu anda ketahui jenis jenis pakan ikan lele dan tips membuat pakan lele agar usaha ternak lele anda tidak mengeluarkan modal yang membengkak.
Pastikan pemberian pakan lele anda teratur yaitu 2 – 3 kali sehari antara jam 07.00-09.00 lalu sorenya antara jam 15.00 – 17.00 di akhiri malamnya antara jam 19.00 – 21.00 atau bisa pagi dan malam saja.

A. pakan pelet/pur

Pakan buatan ikan lele atau disebut pelet merupakan pakan yang diperjual belikan dengan berbagai macam ukuran yang disesuaikan untuk ukuran mulut ikan dan besar ikan lele.pemberian pakan ikan lele adalah 1/3 dari massa ikan .pakan lele buatan/pelet dapat di beli pada toko perikanan dengan klasifikasi sebagai berikut:

  1. a
  2. b
  3. c

Hindarilah pakan pelet yang berlebihan karena sisa dari pakan pelet akan mengendap didalam air dan bereaksi menjadi zat amoniak,zat amoniak dapat mengakibatkan ikan lele lambat pertumbuhannya atau bahkan mati.

B. Pakan alami

Seperti namanya yaitu pakan alami maka pakan ini terbuat dari bahan bahan alami tanpa campuran bahan kimia.anda dapat membuat pakan alami ini dengan bahan alam yang ada di sekitar anda seperti,cacahan batang pisang(pilih bagian yang agak dalam),bangkai ayam(rebus terlebih dahulu agar empuk),cacahan sortir sayuran(biasanya di pasar seperti kol,bunga kol,brokoli dll).semua bahan ini sangat mudah untuk di dapatkan dan juga murah sehingga anda tidak mengeluarkan banyak biaya.

2. ph /keasaman air

Di beberapa daerah penulis menjumpai beberapa kejadian berupa bibit ikan lele yang baru 2 hari di masukkan ke kolam mengalami kematian massal.pemilik usaha ternak ikan lele kebingungan tentang apa yang terjadi,ia mengira itu hanya cuaca,ternyata di bulan berikutnya ia mencoba untuk yang kedua kali terjadi hal yang sama.usut punya usut ternyata masalahnya Adi di air.yaitu tingkat kadar asam pada air,ph-nya melebihi standar hingga berkadar basa tinggi.ikan tidak tahan dengan pH yang begitu besar.Dalam budi daya ikan lele, derajat keasaman atau pH air kolam sangat memegang peran penting dalam menentukan kesuksesan usaha budi daya tersebut. Dalam budi daya lele, para pembudidaya diwajibkan untuk menjaga ph air kolam dalam keadaan netral atau pada kisaran ph 7-8.

Jangan sampai kadar pH air di bawah dari 7 atau dalam kondisi asam karena dapat memacu pertumbuhan jamur dan bakteri yang bersifat patogen. Sementara itu, pH di atas 7 masih aman bagi lele, karena ikan lele toleran terhadap air yang memiliki ph 9.
Hal ini menandakan bahwa ikan lele lebih toleran terhadap air dalam kondisi basa ketimbang pada air yang berkondisi asam.

Namun, para pembudidaya juga harus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan kadar pH air kolam berfluktuasi. Jika pH air berangsur-angsur menurun, maka langkah yang wajib dilakukan adalah melakukan pengapuran pada kolam.

Kapur dolomit dipercaya dapat meningkatkan pH air. Namun, penggunaan kapur dolomit tetap harus dilakukan dalam jumlah, karena pemberian kapur pada kolam secara berlebihan malah akan menimbulkan efek negatif pada ikan, seperti menurunnya nafsu makan ikan.

Air hujan adalah salah satu faktor yang dapat menurunkan pH air kolam, hal ini karena air hujan memiliki sifat asam dan ber-ph 5-6. Untuk itu, saat musim hujan tiba sebaiknya kolam ditutup bagian atasnya menggunakan plastik.

Selain itu, sisa pakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam juga dapat menurunkan pH air. Maka dari itu, perlu dilakukan pembuangan kotoran-kotoran tersebut serta melakukan pergantian air secara berkala.

Ciri-ciri Kolam dalam Keadaan Asam
1. Air menimbulkan busa pada permukaannya
2. Timbulnya bau tak sedap pada air kolam
3. Ikan mulai terlihat menggantung berdiri tegak (malas bergerak)
4. Ikan menjadi pucat dan mengeluarkan lendir secara berlebihan

3.kebersihan kolam untuk ikan lele

Kandungan yang terdapat di dalam air kolam sangat memengaruhi pertumbuhan ikan lele,untuk itu anda perlu betul betul memerhatikan kebersihan kolam.untuk itu di sarankan kepada anda agar mengganti dan mengatur volume air kolam sehingga kebersihan air kolam dapat terjaga dengan baik.apabila anda hendak mengganti air kolam,sisakan 20 persen air lama lalu ganti 80 persen air lama dengan air bersih.hal ini bertujuan agar kandungan makanan alami yang terdapat pada air tidak terbuang semua.namun anda juga perlu mengganti 100 persen airnya bila kadar airnya sangat tidak bagus lagi.

4.kesesuaian kolam dan ikan lele

Hal ini berkenaan dengan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang ada di dalamnya harus sesuai perbandingan.biasanya untuk 1000 ekor ikan membutuhkan ukuran kolam 6 m² dengan ketinggian 60 – 80 cm.apabila ikan terlalu padat akan membuat ikan lele sulit mengambil udara dibatas air karena berdesak desakan sehingga ikan lele malah kelelahan dan mati dan dimakan ikan lainnya.

F. CARA MEMULAI USAHA TERNAK IKAN LELE MUDAH

1.siapkan media usaha peternakan ikan lele,pilihlah media tanah apabila anda memiliki lahan rawa,karena ini yang paling mudah dan direkomendasikan apabila menggunakan media terpal,jangan lupa untuk merendamnya.ukur dan sesuaikan dengan berapa ekor ikan lele yang akan anda pelihara.jangan lupa membuat pembuangan untuk pergantian air kolam.

2.masukan air bersih dan tunggu sampai 2 minggu dengan ketinggian awal 20 – 30 cm dari permukaan lantai.dengan tujuan agar air kolam mengandung senyawa organik.atau bisa di percepat dengan memasukan 20 persen air kolam yang sudah jadi .

3. Masukkan bibit ikan lele perlahan,sebaiknya menggunakan metode ……. ,dengan mencelupkan bibit serta plastik ikan lele selama 5 – 10 menit dengan tujuan lele dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya setelah itu lepaskan perlahan.sebaiknya jangan diberi makan sekitar 10 – 12 jam karena bibit ikan lele belum memiliki nafsu makan karena masih stres dan mencoba beradaptasi dengan lingkungan barunya.

4.beri pakan rutin dengan ketentuan yang telah dijelaskan di atas,sebaiknya di selang-seling antara pakan pelet dan pakan alami 2 – 3 kali sehari.dengan klasifikasi pakan umur….. Ukuran ….

5.gantilah air kolam secara rutin dalam jangka waktu 30 hari sekali atau jika air kolam telah berwarna hijau cokelat.ingat,ganti 80 persen saja,sisakan 20 persen air kolam lama.

6.panenlah ikan lele jika sudah mencapai umur 50 – 60 hari,dengan klasifikasi bobot 6-8 ekor/kg.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.