SIHAPE.COM – Cara mengatasi hp Android yang mulai lemot. Seiring berjalannya waktu dan penggunaannya yang terus menerus, membuat kecepatan smartphone semakin berkurang, kinerjanya melambat, mudah crash dan mudah lag. Baik itu saat internetan ataupun saat bermain game. Pokoknya berbeda banget saat kamu membeli Android pertama kalinya.

Jika sudah begitu, apakah ada cara untuk mempercepat hp android yang lemot? Tentu saja ada. Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengganti hp lama kamu dengan yang baru.

Cara setting hp android agar tidak lemot, cara ini terbilang cukup efektif. Selain itu, kamu tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya. Caranya mudah saja ya! Yuk kita simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Hp Android Yang Mulai Lemot

Pertama, pastikan kartu memori eksternal (SD Card) di Android bekerja dengan baik, salah satu faktor penyebab hp Android lelet bisa dikarenakan memori eksternal yang terpasang di Andriod kamu dalam keadaan kurang baik atau kinerjanya sudah mulai lemot, maka hal ini akan berpengaruh juga pada kecepatan smartphone Android.

Solusi:
Format sd card. Akan tetapi, terlebih dahulu back up atau cadangkan data yang ada di dalam sd crad tersebut. Jika memiliki uang lebih sebaiknya ganti sd card dengan yang baru.

Kedua, periksa penyimpanan memori internal. Biasanya penyimpanan internal memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan penyimpanan memori eksternal. Imbasnya jika kita terlalu banyak menyimpan data di memori internal ini akan membuat kinerja smartphone Android menjadi lamban.

Solusi:
Pindahkan sebagian data ke memori eksternal. Perlu kamu ketahui tidak semua data yang ada di memori internal bisa di pindahkan ke sd card atau memori eksternal. Setelah itu jangan lupa untuk membersihkan file sampah di smartphone Android dengan masuk ke pengaturan > tap penyimpanan > tap data yang disimpan > terakhir tap OK.

Ketiga, hapus data cache. Meskipun data cache sangat bermanfaat untuk mempercepat membuka aplikasi Android. Akan tetapi dalam satu pihak data cache jika dibiarkan menumpuk akan memenuhi ruang memori internal dan membuat kinerja smartphone Android menjadi lemot.

Solusi:
Hapus data cache dengan cara tap pengaturan smartphone Android > tap manager
aplikasi > tap tab menu semua > pilih aplikasi yang akan dibersihkan data cachenya,
contoh aplikasi Instagram > terakhir tap hapus memori (clear cache).

Keempat, hapus sebagian Aplikasi yang tidak digunakan. Biasanya seorang pengguna hp Android apalagi bagi pemula suka penasaran dengan aplikasi terbaru dan ingin mendownload serta memasangnya di smartphone. Hal ini selain mempersempit ruang penyimpanan juga mengakibatkan hp android lemot.

Solusi:
Untuk mempercepat kinerja hp Android, kamu bisa menghapus sebagian aplikasi android yang sudah tidak digunakan lagi dengan cara tap pengaturan > manajer aplikasi > tap tab semua > pilih aplikasi yang ingin kamu hapus > lalu tap hapus instalan.

Kelima, lakukan factory reset jika semua cara di atas tidak berhasil. Akan tetapi, sebelum melakukan factory reset back up semua data smartphone karena semua data di smartphone akan hilang dan smartphone kembali ke pengaturan awal.

Solusi:
Factory reset melalui pengaturan Android dengan cara tap pengaturan > tap cadangkan dan reset > terakhir tap reset data pabrik dan tunggu proses hingga selesai.

Factory reset lewat recovery mode pastikan baterai smartphone terisi di atas 50% > matikan smartphone Android > lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power dan volume bawah (untuk hal ini tergantung dari jenis hp Android) jika berhasil maka akan ada tampilan gambar robot hijau android rusak.

Selanjutnya tekan tombol volume bawah atau atas arahkan ke menu wipe data/factory reset > tap tombol power untuk menyetujui > tunggu proses hingga selesai > lalu tekan kembali tombol volume atas atau bawah dan arahkan ke menu reboot system now.

Berikutnya smartphone pun akan mati dan menyala kembali dengan tampilan baru yakni kembali ke pengaturan awal atau pabrik.

Itulah cara paling ampuh mempercepat hp Android agar tidak lemot, cara ini juga sangat dianjurkan untuk smartphone Android yang mudah panas agar kembali dingin. Cara ini juga telah kami buktikan sendiri dan telah berhasil. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here